a

Quote Of The Day

Life is simple, you make choices and you don't look back. " Hidup itu simpel saja, kau membuat pilihan dan kamu tidak menoleh kembali -Han, Tokyo Drift-

Mazmur 127:1-2

Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur

Matius 7 : 21

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

Soe Hok Gie: Catatan Seorang Demonstran

Bagiku ada sesuatu yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan: 'dapat mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan'. Tanpa itu semua maka kita tidak lebih dari benda. Berbahagialah orang yang masih mempunyai rasa cinta, yang belum sampai kehilangan benda yang paling bernilai itu. Kalau kita telah kehilangan itu maka absurdlah hidup kita

Ir.Soekarno

Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa

Wednesday, October 17, 2012

Mari Menulis

       Awalnya saya membuat blog ini hanya untuk menshare tugas tugas saya karna saya bukan tipe orang yang pelit untuk membagi tugas. Namun muncul keinginan saya juga untuk membagi isi kepala saya mengenai dunia di blog ini. Yusni Khairul Amri, Pak YK Begitu para siswa memanggilnya.sosok seorang guru Bahasa Indonesia yang katanya sangat keras dalam mendidik. Namun, ketika beliau mendidik kami saya heran sosok sebaik ini kok dibilang kejam ,dia yang selalu merangsang kami anak didiknya untuk selalu membagi isi pikiran dengan menulis,menulis dan menulis . "Negara Bagi Bagi duit masa kalian nggak mau" Begitulah kalimat Ketika datang pengumuman lomba menulis tingkat SMA ke sekolah saya. Kami sedang dalam masa masa  persiapan UAN ketika pengumuman itu datang. Saya merasa heran kala itu , mengapa kelas kami yang dipilih pak YK untuk mengirim hasil karya kami ke jakarta untuk diikutsertakan dalam lomba. Saya sadar walaupun rata rata manusia di kelas kami agak susah diatur tapi diantara angkatan kami (Angkatan 2005) kelas kami adalah kelas paling kreatif, namun media untuk menyalurkan kreasi kami di sekolah sangatlah kurang.
       Kembali ke pokok bahasan semula, kata Pramudya Ananta Toer " Menulis Adalah Bekerja untuk Keabadian" . Saya sependapat dengan beliau karna dengan menulis gagasan,ide,pemikiran kita dapat salurkan dan kemudian dapat dibaca orang lain. walaupun kadang bertentangan atau tidak relevan dengan keadaan sekarang. saya contohkan dengan Galileo Galilei . Ketia ia berpendapat bahwa Bumi itu bulat dan matahari adalah pusat bumi semua orang menentangnya, dan dia dihukum oleh Gereja saat itu, Tapi waktu lah yang membuktikan hasil pemikiranya, sekarang kita tahu bahwa fakta yang diungkapkan galileo itulah yang kita pelajari sampai sekarang, Tokoh tokoh yang seperti ini yang menurut penulis pemikiranya melampaui zamanya.
      Pernahkah anda berpikir, bahwa sejarah hanya mengingat orang orang hebat. Padahal menurut saya kita semua ini hebat, tapi kenapa sejarah hanya mencatat sebagian orang saja. Cita cita saya dari kecil Ingin menjadi seorang Pendeta, Kemudian seiring dengan berjalanya waktu saya ingin jadi seorang Pengacara, namun apa daya Dengan proses yang unik dan pada detik detik terakhir Tuhan menempatkan saya pada jurusan Akuntansi jujur saja Selama SMA saya paling anti dengan akuntansi, karna menurut saya membosankan,dst,dst. Tapi masa bodoh dengan itu. menjadi apapun saya  , saya hanya ingin sejarah bangsa ini mencatat bahwa pernah ada satu orang bernama Yohannes Marganda Eliezer Napitupulu pernah Lahir,Hidup dan Mati di negara ini,dan telah berbuat banyak demi kemajuan Bangsa dan Negara ini. dengan menulis saya membuat sejarah saya sendiri, dengan  menulis pemikiran saya abadi, dan dengan menulis pengalaman hidup saya tidak akan habis dimakan tanah.

Sunday, October 14, 2012

Daftar Tips Komputer

Daftar Malakah

Strategi Tingkat Bisnis




Pengertian Strategi
Strategi adalah serangkaian komitmen dan tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi  yang dirancang untuk mengeksploitasi kompeten inti dan mendapatkan keunggulan kompetitif  . Strategi itu  memiliki tujuan dan mendahului pengambilan tindakan yang menerapkannya dan menunjukan pemahaman bersama akan tujuan dan misi perusahaan .
Suatu strategi tingkat bisnis adalah serangkaian komitmen dan tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi yang dirancang untuk menyediakan nilai kepada pelanggan dan mendapatkan keunggulan kmompetitif dengan mengeksploitasi kompetensi – kompetensi inti dari pasar produk individual dan spesifik .
Tiga isu yang dipertimbangkan dalam Analisis tingkat bisnis adalah. (1) Siapa yang akan dilayaninya . (2) Apa yang dibutuhkan pelanggan sasaran yang akan dipuaskan oleh perusahaan. (3) Bagaimana kebutuhan – kebutuhan itu akan dipuaskan melalui implementasi strategi yang dipilih. Analisis kita mengenai strategi strategi generic meliputi tentang bagaimana setiap orang memungkinkan perusahaan untuk  menyampaikan 5 kekuatan kompetitif .

Pelanggan
            Organisasi harus memuaskan sebagian kelompok pelanggan untuk berhasil.  Kebutuhan merujuk ke manfaat dan bentuk barang atau jasa yang diinginkan oleh pelanggan .Kebutuhan dasar dari semua pelanggan adalah membeli produk yang bernilai.Relasi dengan para pelanggan diperkuat ketika suatu perusahaan berkomitmen untuk memberikan nilai superior kepada pihak yang dilayaninya .Nilai superior sering kali diciptakan ketika produk suatu perusahaan membantu seorang pelanggan meningkatkan keunggulan kompetitif dari bisnis yang dimilikinya.
            Adalah penting juga bagi perusahaan untuk mengakui bahwa hanya melalui kepuasan total akan kebutuhan mereka akan pelanggan mengembangkan tipe kesetiaan perusahaan spesifik yang dicari perusahaan.
            Bukti – bukti menunjukan bahwa organisasi yang kompetitif secara strategis dalam lingkungan abad 21  yaitu mereka yang berkonsentrasi pada pelanggan dalam memilih dan menerapkan strategi tingkat bisnis
1.      Mencari cara untuk memecahkan masalah masalah pelanggan dengan barang barang atau jasa yang mereka jual.
2.      Tetap focus pada kebutuhan untuk melakukan inovasi secara terus – menerus , bahkan jika penawaran mereka terjual dengan sangat baik.
3.      Menentukan bagaimana caranya menggunakan kompetisi – kompetisi inti mereka dengan dengan cara cara yang tidak dapat ditiru oleh para pesaing.
4.      Merancang strategy yang memungkinkan mereka untuk memuaskan kebutuhan pelanggan saai ini, baik kebutuhan yang sudah di antisipasi maupun yang belum diantisipasi.
Siapa Itu pelanggan ?
            Pelanggan dapat dibagi menjadi kelompok kelompok  berdasarkan kelompok dalam kebutuhan mereka atau disebut dengan Segmentasi Pasar  ini merupakan suatu proses dimana orang orang dengan kebutuhan sama dikelompokan ke dalam kelompok  atau individu yang dapa di identifikasi . Segmentasi pasar menciptakan suatu kerangka kerja yang penting dalam memilih strategy tingkat bisnis.
            Dalam lingkungan persaingan abad 21 , banyak perusahaan mahir dalam mengidentifikasikan perbedaan – perbedaan diantara kebutuhan pelanggan dengan tepat . Dipersenjatai dengan pemahaman ini, Perusahaan  mensegmentasikan pelanggan ke dalam kelompok kelompok yang relevan secara kompetitif .
            Secara khusus dalam contoh contoh yang focus pada strategy tingkat bisnis yang digunakan untuk melayani segmen pasar yang unik , perusahaan  - perusahaan mungkin ingin mengkapitalisasi kenyataan bahwa keunikan produk ada di dalam kategori – kategori . juga tersedia dalam jumlah absolute barang dan jasa yang tersedia .
Bagaimana : menentukan kompetisi inti yang diperlukan untuk memuaskan kebutuhan pelanggan.
            Perusahaan menggunakan kompetisi – kompetisi intinya  untuk menerapkan strategi  penciptaan nilai dan memuaskan kebutuhan pelanggan . Salah satu strategi imperative di perusahaan adalah untuk mengubah kompetensi inti teknologi perusahaan lebih cepat ke produk produk komersial yang dihargai oleh pelangan .selain itu pengetahuan intensif akan bisnis para pelanggan akan membantu mengubag focus historis dari jasa pelanggan menjadi bisnis lini utama.
TIPE- TIPE STRATEGI TINGKAT BISNIS
            Berkaitan dengan posisi industry suatu perusahaan. relative dengan para pesaingnya.perusahaan – perusahaan yang memiliki posisi industry yang sudah mapan dan menguntungkan lebih mampu menangani lima kekuatan persaingan. Untuk memposisikan dirinya. , suatu perusahaan harus memutuskan apakah tujuan tindakanya akan memungkinkan melakukan aktivitas yang berbeda dengan para rivalnya jadi  perusahaan yang berposisi menguntungkan dapat memiliki keunggulan kompetitif.
Empat Strategik Generik

 
Strategi Kepemimpinan Biaya
            Adalah serangkaian tindakan integrative yang dirancang untuk memproduksi atau mengirimkan barang – barang atau jasa pada biaya yang paling rendah,relative terhadap para pesaing , dengan cirri cirri yang dapat diterima oleh pelanggan. Strategi diferensiasi  adalah serangkaian tindakan integrative yang dirancang untuk memproduksi barang atau jasa yang dianggap pelanggan berbeda dalam hal hal yang penting bagi mereka. Strategi kepemimpinan biaya ini harus mencapai tingkat biaya yang rendah dibandingkan dengan para pesaingnya. Perusahaan yang mencari keunggulan kompetitif. Perusahaan yang mencari keunggulan kompetitif melalui strategi tingkat bisnis sering kali menjual barang barang dan jasa standard tanpa tambahan yang berarti kepada para pelanggan industry. Implementasi strategi kepemimpinan biaya yang berhasil memerlukan focus yang konsisten terhadap pemicu pemicu biaya yang lebih rendah, relative terhadap biaya – biaya pesaing. Perusahaan – perusahaan yang sepenuhnya berkomitmen untuk menggunakan strategi kepemimpinan biaya sering kali mendorong biaya mereka menjadi lebih rendah melalui investasi dalam fasilitas skala efisien , biaya ketat dan control overhead dan minimalisasi  biaya di bidang – bidang seperti jasa, petugas penjualan dan riset pengembangan.
Dalam menggunakan strategi kepemimpinan biaya perusahaan harus berhati hati untuk tidak sepenuhnya mengabaikan sumber daya diferensiasi.Implementasi yang efektif dari strategi kepemimpinan biaya ini memungkinkan perusahaan menghasilkan laba diatas rata-rata selain adanya factor kompetitif yang kuat.

Persaingan dengan para pesaing yang sudah ada
Memiliki posisi biaya rendah merupakan pertahanan yang berharga dalam menghadapi para pesaing, karena posisi menguntungkan sebagai pemimpin biaya , para pesaing ragu bersaing dengan basis harga. Melainkan, mereka akan berusaha untuk bersaing melawan paa pemimpin biaya melalui cara – cara diferensial. Secara strategis para eksekutif perusahaan yakin bahwa para pelanggan akan menerima sedikit kenaikan biaya sebagai balasan akan dan jasa yang mereka terima. Akan tetapi , jika para pesaingnya menentang perusahaan tersebut untuk bersaing dengan basis harga , perusahaan biaya – biaya rendah akan tetap mendapatkan sedikitnya laba rata-rata sementara  para pesaingnya akan mengalami laba dibawah rata – rata melalui persaingan yang kompetitif.
Kekuatan tawar menawar Pembeli
Pelanggan yang berkuasa dapat mendesak  pemimpin biaya untuk mengurangi harga – harganya, tetapi harga tersebut tidak  akan didesak sampai di tingkat harga dimana pesaing industry selanjutnya yang paling efisien dapat menghasilkan laba diatas rata – rata.Walaupun pelanggan yang berkuasa dapat mendesak  pemimpin biaya untuk mengurangi harga bahkan dibawah level tersebut ,mereka mungkin tidak akan melakukanya.Namun demikian , harga harga yang lebih rendah tetap akan menghindari pesaing selanjutnya yang paling efisien untuk mendapatkan laba rata-rata , membuat dia keluar dari pasar dan meninggalkan pemimpin biaya dengan posisinya yang bertambah kuat. Terkadang kekuatan tawar – menawar perusahaan memungkinkan mentransfer kenaikan biaya ke pelanggan.
Kekuatan tawar menawar Suplier
Pemimpin biaya beroperasi dengan margin yang lebih besar daripada para pesaingnya . Diantara banyak keuntungan, margin lebih tinggi yang relative berkaitan dengan margin para pesaing memungkinkan pemimpin biaya untuk menyerap kenaikan harga supplier. Ketika suatu industry dihadapkan dengan kenaikan biaya persediaan yang substansial, pemimpin biaya mungkin satu satunya perusahaan yang mampu membayar dengan harga yang lebih tinggi itu dan terus menghasilkan laba rata – rata atau laba diatas rata – rata. Dengan cara lain, pemimpin biaya yang kuat dapat mendesak para supplier untuk menahan harga mereka , mengurangi margin mereka dalam proses tersebut.
Resiko Persaingan dari strategi kepemimpinan biaya
Strategi kepemimpinan biaya bebas dari risiko . Salah satu risikonya adalah peralatan manufaktur pemimpin biaya dapat menjadi usang karena inovasi tekhnologi para pesaingnya . inovasi ini memungkinkan para pesaingnya untuk memproduksi pada tingkat biaya yang lebih rendah daripada pemimpin biaya.
Risiko kedua adalah terlampau banyak focus pada pengurangan harga dapat membuat perusahaan kurang memperhatikan kebutuhan pelanggan atau isu – isu yang berkaitan dengan dimensi persaingan lainnya.
            Resiko terakhir dari dari strategi kepemimpinan biaya berkaitan dengan imitasi ( Penjiplakan ) dengan menggunakan kompetensi inti yang dimilikinya. Kadang – kadang para pesaing belajar bagaimana meniru strategi pemimpin biaya yang berhasil. Ketika hal ini terjadi pemimpin biaya harus mencari jalan untuk meningkatkan nilai barang dan jasa yang ditawarkan kepada para pelanggan. Biasanya , nilai meningkat dengan menjual produk yang ada saai ini dengan harga yang bahkan lebih rendah atau menambahkan ciri-ciri yang dihargai oleh pelanggan sambil tetap mempertahankan harga . Bahkan seorang pemimpin biaya harus berhati – hati ketika mengurangi harga sampai ke tingkat yang lebih rendah.

Strategi Diferensiasi
Dengan strategi diferensiasi , atribut dan karakteristik unik dari produk perusahaan (Selain Biaya) memberikan nilai bagi pelanggan . Strategi diferensiasi memusatkan diri pada investasi dan pengembangan ciri yang terus menerus , dan bukan focus pada biaya. Strategi diferensiasi memusatkan diri pada investasi dan pengembangan ciri yang terus menerus dan focus pada biaya, yang membedakan barang dan jasa dalam hal yang dihargai oleh pelanggan . Secara keseluruhan perusahaan yang menggunakan strategi diferensiasi berusaha berbeda dari para pesaingnya dalam sebanyak mungkin dimensi. Semakin sedikit kemiripan antara barang dan jasa perusahaan dengan para pesaingnya , semakin perusahaan itu dapat Bertahan dengan tingkatan para pesaing – pesaingnya.
Sebuah produk dapat di diferensiasikan dalam sejumlah cara yang tak terbatas. Bentuk – Bentuk yang tidak biasa, jasa pelanggan yang responsive, inovasi produk yang cepat, dan kepemimpina tekhnologi, prestis dan status , rasa yang berbeda, dan rekayasa tekhnologi  di bidang disain dan kinerja.
Persaingan dengan para pesaing yang sudah ada
          Pelanggan cenderung menjadi pembeli yang setia terhadap produk – produk yang didiferensiasi dengan cara – cara yang bermakna bagi mereka. Ketika kesetiaan mereka pada suatu merek meningkat. Kepekaan pelanggan terhadap kenaikan harga berkurang .Relasi persaingan kompetitif.
            Kekuatan Tawar Menawar Pembeli
            Keunikan diferensiasi barang dan jasa mengisolasi suatu perusahaan dari persaingan kompetitif dan mengurangi kepekaan pelanggan terhadap kenaikan harga .Salah satu alasan kunci mengapa sebagian pembeli mau membayar harga adalah bagi mereka produk –produk lain tidak menawarkan kombinasi bentuk dan biaya yang sebanding. Kurangnya alternative yang dapat diterima meningkatkan kekuatan perusahaan , relative terhadap para pelangganya.
Resiko strategi dari strategi Diferensial
Seperti strategi tingkat bisnis lainya, strategi diferensiasi tidak bebas dari resiko. Salah satu resiko adalah pelanggan dapat memutuskan bahwa perbedaan harga antara produk pembuat diferensiasi dan produk pemimpin biaya terlalu besar. Dalam hal ini perusahaan dapat menawarkan bentuk bentuk diferensiasi yang melampaui kebutuhan pelanggan , ketika hal itun terjadi , perusahaan itu rentan tarhadap para pesaing yang mampu menawarkan kombinasi bentuk – brntuk diferensiasi yang yang melampaui kebutuhan. Dalam hal ini perusahaan dapat menawarkan bentuk – bentuk diferensiasi yang melampaui kebutuhan pelanggan. Ketika hal itu terjadi perusahaan itu rentan terhadap para pesaing yang mampu  yang lebih konsisten dengan kebutuhan pelanggan.
Resiko lain dari strategi diferensiasi adalah bahwa cara-cara diferensiasi perusahaan tidak lagi menyediakan nilai yang mau dibayar  pelangganya . Strategi diferensial menjadi kurang berharga jika penjiplakan dari para pesaingnya membuat pelanggan beranggapan bahwa para pesaingnya membuat barang dan jasa yang sama baiknya, kadang – kadang harganya lebih rendah.
Resiko ketiga dari strategi diferensiasi adalah bahwa pembelajaran akan menyempitkan persepsi pelanggaran nilai diferensial bentuk perusahaan. Resiko ke empat berkaitan dengan pemalsuan . Barang -  Barang palsu produk – produk yang berusaha meniru bentuk diferensiasi  dengan harga yang jauh lebih murah menjadi keprihatinan banyak perusahaan yang menggunakan strategi diferensiasi.
Strategi focus
 Berlawanan dengan perusahaan yang menggunakan strategi kepemimpinan biaya dan strategi diferensial , suatu perusahaan menerapkan strategi focus akan berusaha menggunakan kompetensi – kompetensi intinya untuk melayani kebutuhan segmen industry tertentu ; kelompok pembeli particular (misalnya, remaja atau penduduk senior) , segmen atau lini penduduk yang berbeda. Jadi suatu strategi focus serangkaian tindakan integrative yang dirancang untuk memproduksi atau mengirimkan barang-barang dan jasa yang melayani kebutuhan segmen persaingan tertentu. Walaupun keluasan target jelas merupakan masalah tingkatan esensi daro strategi focus adalaha “ eksploitasi perbedaan target yang sempit dari keseimbangan industry.
Perusahaan dapat menciptakan nilai bagi pelanggan dalam segmen pasar yang unik dan spesifik dengan menggunakan satu dari dua strategi focus yang berbeda ; Kepemimpinan biayan focus dan diferensiasi focus.

Resiko Persaingan dari strategi Fokus
            Ketika menggunakan salah satu type strategi focus, perusahaan menghadapi risiko umum  yang sama seperti perusahaan yang melakukan strategi kepemimpinan biaya atau diferensial dengan basis industry yang luas. Akan tetapi, strategi focus memiliki tiga tambahan risiko kompetitif yang lebih sempit dan mengaburkan focus perusahaan yang melakukan strategy focus.
Kedua , sebuah perusahaan yang bersaing dengan basis industry yang luas dapat memutuskan bahwa swgmen pasar yang dilayani oleh strategi focus perusahaan itu atraktif dan berharga untuk disaingi. Tidak lagi penuh dengan kelompok pelanggan tradisional saja.
Risiko ketiga dari strategi focus adalah kebutuhan pelanggan dalam segmen kompetitif yang sempit dapat serupa dengan pelanggaran pada umumnya. Ketika hal itu terjadi, keunggulan strategi focus menjadi berkurang atau hilang sama sekali
Strategi integraif Kepemimpinan Biaya/ Diferensiasi
Khususnya dalam pasar- pasar global, kemampuan suatu perusahaan untuk menggabungkan pendekatan kepemimpinan biaya dan diferensiasi  dapat menentukan dalam mempertahankan keunggulan kompetitif. Dibandingkan dengan peusahaan – perusahaan yang tergantung pada suatu s          uatu strategi generic yang dominan untuk keberhasilannya, Perusahaan yang mampu menggabungkan strategi integrative kepemimpinan biaya / diferensiasi dengan sukses akan berada pada posisi yang lebih baik untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan.
Resiko Persaingan dari strategi integrative kepemimpinan biaya diferensiasi
Perusahaan yang gagal membangun relasi kepempinan dalam memilih ruang lingkup kompetitif , sebagai pemimpin biaya atau sebagai penentu diferensiasi, beresiko menjadi terjebak di tengah – tengah menghalangi perusahaan menangani kelima kekuatan persaingan dengan berhasil dan menghasilkan laba diatas rata-rata hanya ketika perusahaan menyediakan barang dan jasa diferensiasi yang dihargai oleh para pelanggan yang mau dibayar mereka dengan harga premium 


Strategi Internasional


Area internasional menampilkan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan – perusahaan yang sedang mencari daya saing strategis di pasar – pasar global . Team kami akan membahas peluang-peluang yang dihadapi perusahaan ketika mereka berusaha mengembangkan dan mendayagunakan kompetensi inti dengan melakukan diversifikasi ke pasar – pasar global . Selain itu kita akan mendiskusikan masalah-masalah dan kompleksitas yang berbeda yang dapat dikaitkan dengan penerapan- penerapan strategi strategi internassional yang dipilih perusahaan . Batas batas nasional, perbedaan budaya dan jarang geografis tidak lagi menjadi halangan bagi bisnis untuk memasuki banyak  pasar . Bisnis telah benar-benar menjadi global, dalam pasar pasar yang berkisar dari obat-obatan dan ban sampai penerbitan dan rekayasa tekhnologi , memilih dan menerapkan strategi internasional yang tepat membuka peluang perusahaan menjadi peluang global.Perusahaan menjadi perusahaan yang sungguh – sungguh global , para manajer  harus mengembangkan kerangka berpikir yang bersifat global. Cara-cara beroparasi tradisional dengan sedikit keragaman budaya dan tanpa persaingan global dan tidak lagi efektif . Mengembangkan suatu kerangka pemikiran global diantara para manajer yang tidak memiliki pengalaman internasional dan sedikit memiliki pengalaman dalam keragaman budaya merupakan pekerjaan yang menantang.
Ketika perusahaan bergerak ke pasar – pasar internasional,, mereka mengembangkan relasi dengan para pemasok , pelanggan , dan mitra kerjanya , dan mereka belajar dari relasi ini. Kita akan mendiskusikan pentingnya strategi internasional sebagai sumber daya saing strategis dan laba diatas rata-rata . Bab ini fokus pada keuntungan yang didapat dari internasional perusahaan. Ketika perusahaan sudah memutuskan untuk bersaing secara internasional ia harus memilih strateginya dan memilih cara untuk memasuki pasar – pasar internasional . dengan mengekspor dari perusahaan domestic melisensikan barang dan jasanya . membentuk usaha kerja sama dengan mitra internasional ,mengakuisisi perusahaan asing , atau membentuk anak perusahaan baru . Diversifikasi internasional seperti itu dapat memperpanjang siklus hidup produk , memberikan insentif yang lebih banyak untuk inovasi , dan menghasilkan laba diatas rata-rata. Manfaat ini diperkecil oleh resiko-resiko politik dan ekonomi dan masalah-masalah dalam pengelolaan perusahaan internsional yang kompleks dengan operasi di banyak Negara .
Mengidentifikasi peluang internasional :  Insentif untuk melakukan Strategi internasional
Strategi Internasional Adalah penjualan produk di pasar – pasar yang berada di luar pasar domestic perusahaan . salah satu alasan utama diterapkanya strategi internasional adalah bahwa pasar internasional menghasikan peluang baru yang potensial . Raymond Vernon memahami pendasaran bagi diversifikasi internasional .
Peningkatan permintaan di Negara – Negara asing mendasari investasi asing langsung di bidang kapasitas produksi di luar negeri , khususnya karena para pesaing asing juga mengorganisasi dirinya untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat . Motfi tradisional lainnya bagi perusahaan multinasional adalah untuk mengamankan sumberdaya yang dibutuhkan . Sebagian perusahaan lain bertujuan untuk mengamankan akses ke factor factor produksi yang berbiaya rendah . Industri pakaian , elektronik , pembuat jam dan banyak industry lainya telah memindahkan sebagian operasi mereka di Negara lain untuk mengejar biaya poduksi yang lebih rendah.
Dengan motivasi tradisional dan motivasi yang sedang berkembang untuk merambah pasar internasional . Perusahaan dapat mencapai empat manfaat dari diversifikasi internasional
1.      Meningkatkan Ukuran pasar
2.      Keuntungan yang lebih besar dari investasi modal besar atau investasi pada produk atau proses baru.
3.      Skala ekonomi yang lebih besar, ruang lingkup ekonomi yang lebih besar dan pembelajaran
4.      Keuntungan kompetitif melalui lokasi – lokasi
Meningkatkan Ukuran Pasar
            Perusahaan dapat memperluas ukuran pasar potensialnya kadang-kadang secara dramatis dengan beralih ke pasar pasar internasional . Sebagai bagian dari usaha ekspansinya . Mengikuti strategi internasional adalah pilihan atraktif bagi perusahaan untuk bersaing di pasar – pasar domestic yang memiliki peluang pertumbuhan terbatas. 

Berbagai caara memasuki pasar Internasional
            Ekspansi internasional dicapai melelui ekspor  produk – produk , perjanjian lisensi, aliansi strategis,akuisisi, dan membentuk anak perusahaan baru yang sepenuhnya dimiliki.

Ekspor
            Banyak Perusahaan – perusahaan industrial memulai ekspansi internasionalnya dengan mengekspor barang-barang atau jasa ke Negara – Negara lain . Melakukan ekspor tidak memrlukan biaya untuk membangun kegiatan operasi di Negara tuan rumah, tetapi para eksportir harus mendirikan beberapa sarana untuk memasarkan dan mendistribusikan produk –produk mereka
Pemberian Lisensi
            Pemberian lisensi memungkinkan sebuah perusahaan asing untuk membeli hak untuk memproduksi dan menjual produk – produk perusahaan dalam Negara tuan rumah atau sejumlah Negara. Pihak yang memberikan lisensi mendapatkan royalty untuk setiap untung yang diproduksi atau dijual . Pihak yang menerima lisensi mengambil resiko dalam mengivestasikan dananya dalam fasilitas – fasilitas untuk memproduksi , mamasarkan dan mendistribusikan barang-barang dan jasa.
Aliansi Strategis
            Aliansi strategis memungkinkan perusahaan untuk berbagi resiko dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki pasar-pasar internasional. Selain itu aliansi seperti itu dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi inti baru yang dapat menentukan daya saing stategis di masa yang akan datang . Juga kebanyakan aliansi strategis dilakukan dengan perusahaan dari Negara tuan rumah yang mengetahui dan memahami kondisi – kondisi persaingan , hukum dan norma-norma social,dan kekhasan budaya dari Negara tersebut , yang akan membantu perusahaan dalam mambuat dan memasarkan produk yang kompetitf .
Akuisisi
            Dengan semakin meluasnya  perdagangan bebas di pasar global , akuisisi lintas-perbatasan telah semakin penting perannya . dalam tahun-tahun terakhir ini , akuisisi lintas perbatasan mencakup lebih dari 40 persen dari semua akusisi yang dilakukan di seluruh dunia. Akuisisi digunakan oleh perusahaan – perusahan eropa untuk membangun kekuatan pasar mereka dan memperluas jangkauan mereka di seluruh uni eropa

Anak Perusahaan yang dimiliki sepenuhnya
            Pembentukan sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya disebut sebagai usaha ladang hijau . Tindakan ini sering kali merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan biaya besar, tetapi biaya strategi ini memniliki keunggulan karena memberikan control maksimum kepada perusahaanya , dan karenanya jika berhasil berpotensi besar untuk menghasilkan laba diatas rata-rata

Dinamika Cara Memasuki Pasar
     
Pilihan Perusahaan untuk memasuki pasar internasional ditentukan oleh sejumlah faktor. Pada awalnya , mamasuki pasar seringkali dilakukan melalui ekspor ,karena cara ini tidak membutuhkan keahlian pabrikasi asing dan hanya melakukan investasi di bidang distribusi pembelian lisensi dapat memudahkan perbaikan produk yang diperlukan untuk memasuk pasar-pasar asing . Aliansi strategis ini manjadi terkenal keen, mereka memungkinkan sebuah perusahaan untuk berhubungan dengan mitra yang sudah berpengalaman di pasar sasaran. Aliansi strategis ini juga mengurangi resiko karena biayanya ditanggung bersama. Oleh karena itu , ketiga cara tersebut merupakan pilihan terbaik bagi taktik awal pengambangan pasar.
 
Hasil Daya saing strategis
            Ketika strategis dan cara memasuki pasar telah dipilih , sebuah perusahaan perlu memperhatikan keberhasilan keseluruhan dari strateginya . Perluasan Internasional dapat beresiko dan mungkin tidak memberikan keunggulan yang kompetitif

Diversifikasi Laba Internasional
            Diversifikasi internasional merupakan strategi tingkat perusahaan internasional yang utama, melalui strategi ini, perusahaan terlibat dalam proses pabrikasi dan penjualan berbagai produk yang berbeda. Diversifikasi Internasional adalah sebuah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memperluas penjualan barang-barang dan jasanya ke lintas perbatasan dari wilayah – wilayah dan Negara Negara di dunia, ke dalam berbagai lokasi dan pasar yang secara geografis berbeda . Jumlah pasar-pasar yang berbeda , tempat perusahaan beroperasi , dan pentingnya pasar-pasar itu bagi perusahaan menunjukan tingkat diversifikasi yang akan dilakukan perusahaan secara internasional .
            Perusahaan memiliki sejumlah alas an untuk melakukan diversifikasi secara internasional . Oleh karena itu potensi keunggulanya diversifikasi internasional harus berkaitan secarapositif dengan laba perusahaan . Penelitian telah menunjukan bahwa, ketika diversifikasi internasional meningkat, laba perusahaan juga meningkat. Perusahaan yang secara luas didiversifikasi ke dalam berbagai pasar internasional biasanya mencapai laba saham paling positif.

 Diversifikasi Laba Internasional
            Diversifikasi internasional  menyediakan potensi bagi perusahaan untuk mencapai tingkat laba yang lebih besar untuk inovasi mereka dan karenanya menurunkan tingkat resiko yang substansial dari investasi di bidang penelitian dan pengembangan . Oleh karena itu, diversifikasi internasional memberikan insentif bagi perusahaan untuk melakukan inovasi. Selain itu, diversifikasi internasional juga diperluukan untuk menghasilkan sumber daya yang diperlukan untuk mempertahankan skala operasi penelitian dan pengembanganya besar

Kompleksitas Pengelolaan Perusahaan Multinasional
            Walaupun banyak  manfaat yang dapat diwujudkan dengan menerapkan sebuah strategi internasional , malakukan juga merupakan pekerjaan yang sifatnya kompleks dan dapat menghasilkan ketidakpastian yang lebih besar . Misalnya , beragam resiko terjadi ketika sebuag perusahaan beroperasi dalam beberapa Negara berbeda .

Kompleksitas Pengelolaan Perusahaan Multinasional
Walaupun banyak manfaat yang dapat diwujudkan denagan menerapkan sebuah strategi internasional,melakukannya juga merupakan pekerjaan yang sifatnya kompleks dan dapat menghasilkan ketidakpastian yang lebih besar.misalnya,beragam resiko terjadi ketika perusahaan beroperasi dalam beberapa Negara yang berbeda.

Risiko dalam lingkungan internasional
       Diversifikasi internasional menyimpan banyak resiko, ekspansi internasional sulit untuk diimplementasika,dan sulit untuk dikelola setelah diimplementasikan,karena resiko tersebut.resiko utamanya adalah politik dan ekonomi.dengan memperhitungkan resiko ini perusahaan yang tingkat diversifikasinya tinggi terbiasa dengan kondisi kondisi pasr yang berbeda dari perkiraan semula.

Risiko politik
Risiko politik berkaitan dengan ketidakstabilan pemerintahan nasional dan perang,baik secara sipil maupun internasional. Ketidakstabilan pemerintahan nasional menciptakan sebuah massalah. Di antara masalah-masalah itu adalah risiko ekonomi dan ketidakpastian yang berkaitan dengan peraturan pemerintah,keberadaan otoritas hokum yang berpotensi saling bertentangan,dan adanya potensi nasionalisasi terhadap aktiva swasta.misalnya perusahaan-perusahaan asing yang melakukan investasi di rusia mungkin menkhawatirkan stabilitas pemerintahan nasional dan apa yang akan terjadi terhadap investasi atau aktiva mereka di Negara tersebut jika terjadi perubahan besar dalam pemerintahan Negara itu.