a

Thursday, May 10, 2012

DUKUNGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM PROSES BISNIS


Sistem Informasi Managemen (SIM) merupakan sebuah bidang yang mulai berkembang semenjak tahun 1960-an. Walau tidak terdapat konsensus tunggal, secara umum SIM didefinisikan sebagai sistem yang menyediakan informasi yang digunakan untuk mendukung operasi, managemen, serta pengambilan keputusan sebuah organisasi. SIM juga dikenal dengan ungkapan lainnya seperti: “Sistem Informasi”, “Sistem Pemrosesan Informasi”, “Sistem Informasi dan Pengambil Keputusan” Salah satu konsensus yang didapatkan, bahwa setidaknya terdapat lima aspek yang dapat dikategorikan sebagai ciri khusus bidang SIM :
  1. Proses Managemen, seperti “Perencanaan Strategis”, “Pengelolaan Fungsi Sistem Informasi”,
  2. Konsep Pengembangan, seperti “Konsep Sosio-teknikal”, “Konsep Kualitas”, 
  3. Proses Pengembangan, seperti “Managemen Proyek Pengembangan Sistem”,
  4.  Representasi, seperti “Sistem Basis Data”, “Pengkodean Program”,
  5. Sistem Eplikasi, seperti “Knowledgey Management”, “Executivey System”
Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis.
Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif. 

TEKHNOLOGI INFORMASI & SISTEM INFORMASI MANAJEMEN 

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data, membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :
  1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan teknologi informasi.
  2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran informasi.
  3. Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi faktor pendorong utama implementasi teknologi informasi.
Kenyataan sejarah dunia mencatat masing-masing dari ketiga matra penyusun teknologi informasi di atas, pada awalnya berkembang saling terpisah. Teknologi komputer berkembang dalam lingkup matematika dan cenderung lebih teoritis. Teknologi telekomunikasi berkembang luas dalam dunia bisnis dan ekonomi menjadi pilar pendukung teknologi transportasi dalam revolusi industri. Sedangkan ilmu informasi muncul pada awal perang dunia II. Kemenangan dan kekalahan sebuah pasukan di medan perang dunia II ditentukan oleh akurasi informasi. Setelah itu, konsep ilmu informasi berkembang pesat.

1 comment:

  1. Dukungan Sistem Informasi Manajemen Dalam Proses Bisnis ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Dukungan Sistem Informasi Manajemen Dalam Proses Bisnis ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Dukungan Sistem Informasi Manajemen Dalam Proses Bisnis ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete