Area
internasional menampilkan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan –
perusahaan yang sedang mencari daya saing strategis di pasar – pasar global .
Team kami akan membahas peluang-peluang yang dihadapi perusahaan ketika mereka
berusaha mengembangkan dan mendayagunakan kompetensi inti dengan melakukan
diversifikasi ke pasar – pasar global . Selain itu kita akan mendiskusikan
masalah-masalah dan kompleksitas yang berbeda yang dapat dikaitkan dengan
penerapan- penerapan strategi strategi internassional yang dipilih perusahaan .
Batas batas nasional, perbedaan budaya dan jarang geografis tidak lagi menjadi
halangan bagi bisnis untuk memasuki banyak
pasar . Bisnis telah benar-benar menjadi global, dalam pasar pasar yang
berkisar dari obat-obatan dan ban sampai penerbitan dan rekayasa tekhnologi ,
memilih dan menerapkan strategi internasional yang tepat membuka peluang
perusahaan menjadi peluang global.Perusahaan menjadi perusahaan yang sungguh –
sungguh global , para manajer harus
mengembangkan kerangka berpikir yang bersifat global. Cara-cara beroparasi
tradisional dengan sedikit keragaman budaya dan tanpa persaingan global dan
tidak lagi efektif . Mengembangkan suatu kerangka pemikiran global diantara
para manajer yang tidak memiliki pengalaman internasional dan sedikit memiliki
pengalaman dalam keragaman budaya merupakan pekerjaan yang menantang.
Ketika
perusahaan bergerak ke pasar – pasar internasional,, mereka mengembangkan
relasi dengan para pemasok , pelanggan , dan mitra kerjanya , dan mereka
belajar dari relasi ini. Kita akan mendiskusikan pentingnya strategi
internasional sebagai sumber daya saing strategis dan laba diatas rata-rata .
Bab ini fokus pada keuntungan yang didapat dari internasional perusahaan.
Ketika perusahaan sudah memutuskan untuk bersaing secara internasional ia harus
memilih strateginya dan memilih cara untuk memasuki pasar – pasar internasional
. dengan mengekspor dari perusahaan domestic melisensikan barang dan jasanya .
membentuk usaha kerja sama dengan mitra internasional ,mengakuisisi perusahaan
asing , atau membentuk anak perusahaan baru . Diversifikasi internasional
seperti itu dapat memperpanjang siklus hidup produk , memberikan insentif yang
lebih banyak untuk inovasi , dan menghasilkan laba diatas rata-rata. Manfaat
ini diperkecil oleh resiko-resiko politik dan ekonomi dan masalah-masalah dalam
pengelolaan perusahaan internsional yang kompleks dengan operasi di banyak
Negara .
Strategi
Internasional Adalah penjualan produk di pasar – pasar yang berada di luar
pasar domestic perusahaan . salah satu alasan utama diterapkanya strategi
internasional adalah bahwa pasar internasional menghasikan peluang baru yang potensial
. Raymond Vernon memahami pendasaran bagi diversifikasi internasional .
Peningkatan
permintaan di Negara – Negara asing mendasari investasi asing langsung di
bidang kapasitas produksi di luar negeri , khususnya karena para pesaing asing
juga mengorganisasi dirinya untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat . Motfi
tradisional lainnya bagi perusahaan multinasional adalah untuk mengamankan
sumberdaya yang dibutuhkan . Sebagian perusahaan lain bertujuan untuk
mengamankan akses ke factor factor produksi yang berbiaya rendah . Industri
pakaian , elektronik , pembuat jam dan banyak industry lainya telah memindahkan
sebagian operasi mereka di Negara lain untuk mengejar biaya poduksi yang lebih
rendah.
Dengan
motivasi tradisional dan motivasi yang sedang berkembang untuk merambah pasar
internasional . Perusahaan dapat mencapai empat manfaat dari diversifikasi
internasional
1. Meningkatkan
Ukuran pasar
2. Keuntungan
yang lebih besar dari investasi modal besar atau investasi pada produk atau
proses baru.
3. Skala
ekonomi yang lebih besar, ruang lingkup ekonomi yang lebih besar dan
pembelajaran
4. Keuntungan
kompetitif melalui lokasi – lokasi
Meningkatkan Ukuran Pasar
Perusahaan dapat memperluas ukuran
pasar potensialnya kadang-kadang secara dramatis dengan beralih ke pasar pasar internasional
. Sebagai bagian dari usaha ekspansinya . Mengikuti strategi internasional
adalah pilihan atraktif bagi perusahaan untuk bersaing di pasar – pasar
domestic yang memiliki peluang pertumbuhan terbatas.
Berbagai caara memasuki pasar
Internasional
Ekspansi internasional dicapai
melelui ekspor produk – produk ,
perjanjian lisensi, aliansi strategis,akuisisi, dan membentuk anak perusahaan
baru yang sepenuhnya dimiliki.
Ekspor
Banyak Perusahaan – perusahaan
industrial memulai ekspansi internasionalnya dengan mengekspor barang-barang
atau jasa ke Negara – Negara lain . Melakukan ekspor tidak memrlukan biaya
untuk membangun kegiatan operasi di Negara tuan rumah, tetapi para eksportir
harus mendirikan beberapa sarana untuk memasarkan dan mendistribusikan produk
–produk mereka
Pemberian Lisensi
Pemberian lisensi memungkinkan
sebuah perusahaan asing untuk membeli hak untuk memproduksi dan menjual produk
– produk perusahaan dalam Negara tuan rumah atau sejumlah Negara. Pihak yang
memberikan lisensi mendapatkan royalty untuk setiap untung yang diproduksi atau
dijual . Pihak yang menerima lisensi mengambil resiko dalam mengivestasikan
dananya dalam fasilitas – fasilitas untuk memproduksi , mamasarkan dan mendistribusikan
barang-barang dan jasa.
Aliansi
Strategis
Aliansi strategis memungkinkan
perusahaan untuk berbagi resiko dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki
pasar-pasar internasional. Selain itu aliansi seperti itu dapat memfasilitasi
pengembangan kompetensi inti baru yang dapat menentukan daya saing stategis di
masa yang akan datang . Juga kebanyakan aliansi strategis dilakukan dengan
perusahaan dari Negara tuan rumah yang mengetahui dan memahami kondisi –
kondisi persaingan , hukum dan norma-norma social,dan kekhasan budaya dari
Negara tersebut , yang akan membantu perusahaan dalam mambuat dan memasarkan
produk yang kompetitf .
Akuisisi
Dengan semakin meluasnya perdagangan bebas di pasar global , akuisisi
lintas-perbatasan telah semakin penting perannya . dalam tahun-tahun terakhir
ini , akuisisi lintas perbatasan mencakup lebih dari 40 persen dari semua
akusisi yang dilakukan di seluruh dunia. Akuisisi digunakan oleh perusahaan –
perusahan eropa untuk membangun kekuatan pasar mereka dan memperluas jangkauan
mereka di seluruh uni eropa
Anak
Perusahaan yang dimiliki sepenuhnya
Pembentukan sebuah anak perusahaan
yang dimiliki sepenuhnya disebut sebagai usaha ladang hijau . Tindakan ini
sering kali merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan
biaya besar, tetapi biaya strategi ini memniliki keunggulan karena memberikan
control maksimum kepada perusahaanya , dan karenanya jika berhasil berpotensi
besar untuk menghasilkan laba diatas rata-rata
Dinamika
Cara Memasuki Pasar
Pilihan Perusahaan untuk memasuki pasar internasional ditentukan oleh sejumlah faktor. Pada awalnya , mamasuki pasar seringkali dilakukan melalui ekspor ,karena cara ini tidak membutuhkan keahlian pabrikasi asing dan hanya melakukan investasi di bidang distribusi pembelian lisensi dapat memudahkan perbaikan produk yang diperlukan untuk memasuk pasar-pasar asing . Aliansi strategis ini manjadi terkenal keen, mereka memungkinkan sebuah perusahaan untuk berhubungan dengan mitra yang sudah berpengalaman di pasar sasaran. Aliansi strategis ini juga mengurangi resiko karena biayanya ditanggung bersama. Oleh karena itu , ketiga cara tersebut merupakan pilihan terbaik bagi taktik awal pengambangan pasar.
Pilihan Perusahaan untuk memasuki pasar internasional ditentukan oleh sejumlah faktor. Pada awalnya , mamasuki pasar seringkali dilakukan melalui ekspor ,karena cara ini tidak membutuhkan keahlian pabrikasi asing dan hanya melakukan investasi di bidang distribusi pembelian lisensi dapat memudahkan perbaikan produk yang diperlukan untuk memasuk pasar-pasar asing . Aliansi strategis ini manjadi terkenal keen, mereka memungkinkan sebuah perusahaan untuk berhubungan dengan mitra yang sudah berpengalaman di pasar sasaran. Aliansi strategis ini juga mengurangi resiko karena biayanya ditanggung bersama. Oleh karena itu , ketiga cara tersebut merupakan pilihan terbaik bagi taktik awal pengambangan pasar.
Hasil
Daya saing strategis
Ketika strategis dan cara memasuki
pasar telah dipilih , sebuah perusahaan perlu memperhatikan keberhasilan
keseluruhan dari strateginya . Perluasan Internasional dapat beresiko dan
mungkin tidak memberikan keunggulan yang kompetitif
Diversifikasi Laba Internasional
Diversifikasi internasional
merupakan strategi tingkat perusahaan internasional yang utama, melalui
strategi ini, perusahaan terlibat dalam proses pabrikasi dan penjualan berbagai
produk yang berbeda. Diversifikasi
Internasional adalah sebuah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan
untuk memperluas penjualan barang-barang dan jasanya ke lintas perbatasan dari
wilayah – wilayah dan Negara Negara di dunia, ke dalam berbagai lokasi dan
pasar yang secara geografis berbeda . Jumlah pasar-pasar yang berbeda , tempat
perusahaan beroperasi , dan pentingnya pasar-pasar itu bagi perusahaan
menunjukan tingkat diversifikasi yang akan dilakukan perusahaan secara
internasional .
Perusahaan memiliki sejumlah alas an
untuk melakukan diversifikasi secara internasional . Oleh karena itu potensi
keunggulanya diversifikasi internasional harus berkaitan secarapositif dengan
laba perusahaan . Penelitian telah menunjukan bahwa, ketika diversifikasi
internasional meningkat, laba perusahaan juga meningkat. Perusahaan yang secara
luas didiversifikasi ke dalam berbagai pasar internasional biasanya mencapai
laba saham paling positif.
Diversifikasi
Laba Internasional
Diversifikasi internasional menyediakan potensi bagi perusahaan untuk
mencapai tingkat laba yang lebih besar untuk inovasi mereka dan karenanya
menurunkan tingkat resiko yang substansial dari investasi di bidang penelitian
dan pengembangan . Oleh karena itu, diversifikasi internasional memberikan
insentif bagi perusahaan untuk melakukan inovasi. Selain itu, diversifikasi
internasional juga diperluukan untuk menghasilkan sumber daya yang diperlukan
untuk mempertahankan skala operasi penelitian dan pengembanganya besar
Kompleksitas
Pengelolaan Perusahaan Multinasional
Walaupun banyak manfaat yang dapat diwujudkan dengan
menerapkan sebuah strategi internasional , malakukan juga merupakan pekerjaan
yang sifatnya kompleks dan dapat menghasilkan ketidakpastian yang lebih besar .
Misalnya , beragam resiko terjadi ketika sebuag perusahaan beroperasi dalam
beberapa Negara berbeda .
Kompleksitas
Pengelolaan Perusahaan Multinasional
Walaupun
banyak manfaat yang dapat diwujudkan denagan menerapkan sebuah strategi
internasional,melakukannya juga merupakan pekerjaan yang sifatnya kompleks dan
dapat menghasilkan ketidakpastian yang lebih besar.misalnya,beragam resiko
terjadi ketika perusahaan beroperasi dalam beberapa Negara yang berbeda.
Risiko
dalam lingkungan internasional
Diversifikasi
internasional menyimpan banyak resiko, ekspansi internasional sulit untuk
diimplementasika,dan sulit untuk dikelola setelah diimplementasikan,karena
resiko tersebut.resiko utamanya adalah politik dan ekonomi.dengan
memperhitungkan resiko ini perusahaan yang tingkat diversifikasinya tinggi
terbiasa dengan kondisi kondisi pasr yang berbeda dari perkiraan semula.
Risiko
politik
Risiko
politik berkaitan dengan ketidakstabilan pemerintahan nasional dan perang,baik
secara sipil maupun internasional. Ketidakstabilan pemerintahan nasional
menciptakan sebuah massalah. Di antara masalah-masalah itu adalah risiko
ekonomi dan ketidakpastian yang berkaitan dengan peraturan
pemerintah,keberadaan otoritas hokum yang berpotensi saling bertentangan,dan
adanya potensi nasionalisasi terhadap aktiva swasta.misalnya
perusahaan-perusahaan asing yang melakukan investasi di rusia mungkin
menkhawatirkan stabilitas pemerintahan nasional dan apa yang akan terjadi
terhadap investasi atau aktiva mereka di Negara tersebut jika terjadi perubahan
besar dalam pemerintahan Negara itu.
Boleh tahu untuk diversifikasi internationalnya sumber bukunya apa saja? Mohon jawabannya.. terimakasih
ReplyDeleteStrategi Internasional ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download Now
ReplyDelete>>>>> Download Full
Strategi Internasional ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download LINK
>>>>> Download Now
Strategi Internasional ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download Full
>>>>> Download LINK