a

Sunday, October 14, 2012

Strategi Internasional


Area internasional menampilkan peluang sekaligus ancaman bagi perusahaan – perusahaan yang sedang mencari daya saing strategis di pasar – pasar global . Team kami akan membahas peluang-peluang yang dihadapi perusahaan ketika mereka berusaha mengembangkan dan mendayagunakan kompetensi inti dengan melakukan diversifikasi ke pasar – pasar global . Selain itu kita akan mendiskusikan masalah-masalah dan kompleksitas yang berbeda yang dapat dikaitkan dengan penerapan- penerapan strategi strategi internassional yang dipilih perusahaan . Batas batas nasional, perbedaan budaya dan jarang geografis tidak lagi menjadi halangan bagi bisnis untuk memasuki banyak  pasar . Bisnis telah benar-benar menjadi global, dalam pasar pasar yang berkisar dari obat-obatan dan ban sampai penerbitan dan rekayasa tekhnologi , memilih dan menerapkan strategi internasional yang tepat membuka peluang perusahaan menjadi peluang global.Perusahaan menjadi perusahaan yang sungguh – sungguh global , para manajer  harus mengembangkan kerangka berpikir yang bersifat global. Cara-cara beroparasi tradisional dengan sedikit keragaman budaya dan tanpa persaingan global dan tidak lagi efektif . Mengembangkan suatu kerangka pemikiran global diantara para manajer yang tidak memiliki pengalaman internasional dan sedikit memiliki pengalaman dalam keragaman budaya merupakan pekerjaan yang menantang.
Ketika perusahaan bergerak ke pasar – pasar internasional,, mereka mengembangkan relasi dengan para pemasok , pelanggan , dan mitra kerjanya , dan mereka belajar dari relasi ini. Kita akan mendiskusikan pentingnya strategi internasional sebagai sumber daya saing strategis dan laba diatas rata-rata . Bab ini fokus pada keuntungan yang didapat dari internasional perusahaan. Ketika perusahaan sudah memutuskan untuk bersaing secara internasional ia harus memilih strateginya dan memilih cara untuk memasuki pasar – pasar internasional . dengan mengekspor dari perusahaan domestic melisensikan barang dan jasanya . membentuk usaha kerja sama dengan mitra internasional ,mengakuisisi perusahaan asing , atau membentuk anak perusahaan baru . Diversifikasi internasional seperti itu dapat memperpanjang siklus hidup produk , memberikan insentif yang lebih banyak untuk inovasi , dan menghasilkan laba diatas rata-rata. Manfaat ini diperkecil oleh resiko-resiko politik dan ekonomi dan masalah-masalah dalam pengelolaan perusahaan internsional yang kompleks dengan operasi di banyak Negara .
Mengidentifikasi peluang internasional :  Insentif untuk melakukan Strategi internasional
Strategi Internasional Adalah penjualan produk di pasar – pasar yang berada di luar pasar domestic perusahaan . salah satu alasan utama diterapkanya strategi internasional adalah bahwa pasar internasional menghasikan peluang baru yang potensial . Raymond Vernon memahami pendasaran bagi diversifikasi internasional .
Peningkatan permintaan di Negara – Negara asing mendasari investasi asing langsung di bidang kapasitas produksi di luar negeri , khususnya karena para pesaing asing juga mengorganisasi dirinya untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat . Motfi tradisional lainnya bagi perusahaan multinasional adalah untuk mengamankan sumberdaya yang dibutuhkan . Sebagian perusahaan lain bertujuan untuk mengamankan akses ke factor factor produksi yang berbiaya rendah . Industri pakaian , elektronik , pembuat jam dan banyak industry lainya telah memindahkan sebagian operasi mereka di Negara lain untuk mengejar biaya poduksi yang lebih rendah.
Dengan motivasi tradisional dan motivasi yang sedang berkembang untuk merambah pasar internasional . Perusahaan dapat mencapai empat manfaat dari diversifikasi internasional
1.      Meningkatkan Ukuran pasar
2.      Keuntungan yang lebih besar dari investasi modal besar atau investasi pada produk atau proses baru.
3.      Skala ekonomi yang lebih besar, ruang lingkup ekonomi yang lebih besar dan pembelajaran
4.      Keuntungan kompetitif melalui lokasi – lokasi
Meningkatkan Ukuran Pasar
            Perusahaan dapat memperluas ukuran pasar potensialnya kadang-kadang secara dramatis dengan beralih ke pasar pasar internasional . Sebagai bagian dari usaha ekspansinya . Mengikuti strategi internasional adalah pilihan atraktif bagi perusahaan untuk bersaing di pasar – pasar domestic yang memiliki peluang pertumbuhan terbatas. 

Berbagai caara memasuki pasar Internasional
            Ekspansi internasional dicapai melelui ekspor  produk – produk , perjanjian lisensi, aliansi strategis,akuisisi, dan membentuk anak perusahaan baru yang sepenuhnya dimiliki.

Ekspor
            Banyak Perusahaan – perusahaan industrial memulai ekspansi internasionalnya dengan mengekspor barang-barang atau jasa ke Negara – Negara lain . Melakukan ekspor tidak memrlukan biaya untuk membangun kegiatan operasi di Negara tuan rumah, tetapi para eksportir harus mendirikan beberapa sarana untuk memasarkan dan mendistribusikan produk –produk mereka
Pemberian Lisensi
            Pemberian lisensi memungkinkan sebuah perusahaan asing untuk membeli hak untuk memproduksi dan menjual produk – produk perusahaan dalam Negara tuan rumah atau sejumlah Negara. Pihak yang memberikan lisensi mendapatkan royalty untuk setiap untung yang diproduksi atau dijual . Pihak yang menerima lisensi mengambil resiko dalam mengivestasikan dananya dalam fasilitas – fasilitas untuk memproduksi , mamasarkan dan mendistribusikan barang-barang dan jasa.
Aliansi Strategis
            Aliansi strategis memungkinkan perusahaan untuk berbagi resiko dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki pasar-pasar internasional. Selain itu aliansi seperti itu dapat memfasilitasi pengembangan kompetensi inti baru yang dapat menentukan daya saing stategis di masa yang akan datang . Juga kebanyakan aliansi strategis dilakukan dengan perusahaan dari Negara tuan rumah yang mengetahui dan memahami kondisi – kondisi persaingan , hukum dan norma-norma social,dan kekhasan budaya dari Negara tersebut , yang akan membantu perusahaan dalam mambuat dan memasarkan produk yang kompetitf .
Akuisisi
            Dengan semakin meluasnya  perdagangan bebas di pasar global , akuisisi lintas-perbatasan telah semakin penting perannya . dalam tahun-tahun terakhir ini , akuisisi lintas perbatasan mencakup lebih dari 40 persen dari semua akusisi yang dilakukan di seluruh dunia. Akuisisi digunakan oleh perusahaan – perusahan eropa untuk membangun kekuatan pasar mereka dan memperluas jangkauan mereka di seluruh uni eropa

Anak Perusahaan yang dimiliki sepenuhnya
            Pembentukan sebuah anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya disebut sebagai usaha ladang hijau . Tindakan ini sering kali merupakan sebuah proses yang kompleks dan berpotensi akan memakan biaya besar, tetapi biaya strategi ini memniliki keunggulan karena memberikan control maksimum kepada perusahaanya , dan karenanya jika berhasil berpotensi besar untuk menghasilkan laba diatas rata-rata

Dinamika Cara Memasuki Pasar
     
Pilihan Perusahaan untuk memasuki pasar internasional ditentukan oleh sejumlah faktor. Pada awalnya , mamasuki pasar seringkali dilakukan melalui ekspor ,karena cara ini tidak membutuhkan keahlian pabrikasi asing dan hanya melakukan investasi di bidang distribusi pembelian lisensi dapat memudahkan perbaikan produk yang diperlukan untuk memasuk pasar-pasar asing . Aliansi strategis ini manjadi terkenal keen, mereka memungkinkan sebuah perusahaan untuk berhubungan dengan mitra yang sudah berpengalaman di pasar sasaran. Aliansi strategis ini juga mengurangi resiko karena biayanya ditanggung bersama. Oleh karena itu , ketiga cara tersebut merupakan pilihan terbaik bagi taktik awal pengambangan pasar.
 
Hasil Daya saing strategis
            Ketika strategis dan cara memasuki pasar telah dipilih , sebuah perusahaan perlu memperhatikan keberhasilan keseluruhan dari strateginya . Perluasan Internasional dapat beresiko dan mungkin tidak memberikan keunggulan yang kompetitif

Diversifikasi Laba Internasional
            Diversifikasi internasional merupakan strategi tingkat perusahaan internasional yang utama, melalui strategi ini, perusahaan terlibat dalam proses pabrikasi dan penjualan berbagai produk yang berbeda. Diversifikasi Internasional adalah sebuah strategi yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk memperluas penjualan barang-barang dan jasanya ke lintas perbatasan dari wilayah – wilayah dan Negara Negara di dunia, ke dalam berbagai lokasi dan pasar yang secara geografis berbeda . Jumlah pasar-pasar yang berbeda , tempat perusahaan beroperasi , dan pentingnya pasar-pasar itu bagi perusahaan menunjukan tingkat diversifikasi yang akan dilakukan perusahaan secara internasional .
            Perusahaan memiliki sejumlah alas an untuk melakukan diversifikasi secara internasional . Oleh karena itu potensi keunggulanya diversifikasi internasional harus berkaitan secarapositif dengan laba perusahaan . Penelitian telah menunjukan bahwa, ketika diversifikasi internasional meningkat, laba perusahaan juga meningkat. Perusahaan yang secara luas didiversifikasi ke dalam berbagai pasar internasional biasanya mencapai laba saham paling positif.

 Diversifikasi Laba Internasional
            Diversifikasi internasional  menyediakan potensi bagi perusahaan untuk mencapai tingkat laba yang lebih besar untuk inovasi mereka dan karenanya menurunkan tingkat resiko yang substansial dari investasi di bidang penelitian dan pengembangan . Oleh karena itu, diversifikasi internasional memberikan insentif bagi perusahaan untuk melakukan inovasi. Selain itu, diversifikasi internasional juga diperluukan untuk menghasilkan sumber daya yang diperlukan untuk mempertahankan skala operasi penelitian dan pengembanganya besar

Kompleksitas Pengelolaan Perusahaan Multinasional
            Walaupun banyak  manfaat yang dapat diwujudkan dengan menerapkan sebuah strategi internasional , malakukan juga merupakan pekerjaan yang sifatnya kompleks dan dapat menghasilkan ketidakpastian yang lebih besar . Misalnya , beragam resiko terjadi ketika sebuag perusahaan beroperasi dalam beberapa Negara berbeda .

Kompleksitas Pengelolaan Perusahaan Multinasional
Walaupun banyak manfaat yang dapat diwujudkan denagan menerapkan sebuah strategi internasional,melakukannya juga merupakan pekerjaan yang sifatnya kompleks dan dapat menghasilkan ketidakpastian yang lebih besar.misalnya,beragam resiko terjadi ketika perusahaan beroperasi dalam beberapa Negara yang berbeda.

Risiko dalam lingkungan internasional
       Diversifikasi internasional menyimpan banyak resiko, ekspansi internasional sulit untuk diimplementasika,dan sulit untuk dikelola setelah diimplementasikan,karena resiko tersebut.resiko utamanya adalah politik dan ekonomi.dengan memperhitungkan resiko ini perusahaan yang tingkat diversifikasinya tinggi terbiasa dengan kondisi kondisi pasr yang berbeda dari perkiraan semula.

Risiko politik
Risiko politik berkaitan dengan ketidakstabilan pemerintahan nasional dan perang,baik secara sipil maupun internasional. Ketidakstabilan pemerintahan nasional menciptakan sebuah massalah. Di antara masalah-masalah itu adalah risiko ekonomi dan ketidakpastian yang berkaitan dengan peraturan pemerintah,keberadaan otoritas hokum yang berpotensi saling bertentangan,dan adanya potensi nasionalisasi terhadap aktiva swasta.misalnya perusahaan-perusahaan asing yang melakukan investasi di rusia mungkin menkhawatirkan stabilitas pemerintahan nasional dan apa yang akan terjadi terhadap investasi atau aktiva mereka di Negara tersebut jika terjadi perubahan besar dalam pemerintahan Negara itu.







2 comments:

  1. Boleh tahu untuk diversifikasi internationalnya sumber bukunya apa saja? Mohon jawabannya.. terimakasih

    ReplyDelete
  2. Strategi Internasional ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Strategi Internasional ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Strategi Internasional ~ Catatan Anak Akuntansi >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete